Ditabrak becak : Gimana rasanya ?

Kamu udah pernah ditabrak becak? Dari depan atau belakang? Kalau dari depan sih saya belom dan tidak mau pernah. Kalau dari belakang saya pernah (Lebai: Hwaaah! Kapaan? :O)

Hari itu minggu 28 Desember 2008 (itu khan hari ini?) sore hari. Saya tinggal di dekat daerah Keraton Ngayogyakarta yang terkenal itu loh. Sebenernya saya bangga dan senang kalo liat jogja banyak dikunjungi gini. Tapi jalanan jadi penuh sesak, banyak bus pariwisata sliweran, maklum soalnya Jawa Tengah udah mulai liburan lebih dulu. Saat itu saya dalam perjalanan pulang dari arah jalan malioboro menuju ke daerah kauman. Saya naik motor, warna kuning 😀

Awalnya sih saya sabar kalo ngadepin macet walaupun geraknya cuma setengah meter tiap sekian detik, tapi tidak saat saya mulai berada di deronjongan (jalan menurun) di jalan trikora. Saat itu jalan udah agak longgar jadi saya maju agak cepetan agar enggak disalip orang dari belakang (walau longgarnya cuma 100 meteran). Eh memang sih enggak disalip orang, cuma didorong(ditabrak) ama sesuatu sampai bunyi klotak! yang kutahu bahwa itu suara slebor pecah yang membuatku menengok ke belakang dan bilang: HAH? (ndak tahu muka saya kayak gimana).

Setelah jalan agak longgar lagi, saya minggir ke samping jalan, sambil nunjuk-nujuk becak yang nabrak motor kuning saya dengan tanpa suara sampai becak yang berpenumpang tiga tersebut berhenti di depan motor saya. Saya melihat muka pak becak yang lebih item dari saya, tanpa melotot tapi marah.

“niki pripun? Sleborku pecah”

“lah pripun, kula sampun ngerem tur rem e blong, ban mburi kula mbledos. Dalane ndronjong  rame banget, kula sampun ngerem” dalih si bapak sopir becak. (penumpangnya takut saat saya liatin matanya).

“lah ra nduwe rem kok ditumpaki? Yo kowe medun dong! Ganti rugi! Ini mahal lo kalo kamu tahu!” kujawab keras (sampai  sopir-spoir becak yang masih di jalan saling liat-liatan, kayaknya.)

“kula mboten gadah arta” jawab si bapak sopir becak.

“aku yo ngerti kowe ra nduwe duwit! Ngerti aku! Saiki kowe arep pie?”

“kula nyuwun pangapura..” jawab si bapak sopir becak.

Saya tidak njawab omongan si bapak sopir becak. Saya kesal karena niat saya hepi malah ditabrak becak. Tapi saya tahu bahwa si sopir becak emang ndak punya uang makanya dia jadi sopir becak.

 Cukuplah ban becaknya meletus, saya coba relakan slebor saya yang pecah. Slebor saya pecah di blakang plat nomor jadi ndak begitu kelihatan, tapi kalo kesenggol motor di parkiran aja mungkin sudah langsung jatuh kali ya?! Kapan-kapan kalau punya uang ganti slebor ah! Walaupun cuma imitasi. Zzz

3 thoughts on “Ditabrak becak : Gimana rasanya ?

Leave a comment